15 Februari 2010

MANFAAT UTAMA PMO

  1. Membantu BoD menentukan prioritas dari sejumlah pilihan investasi dengan, mempertimbangkan:Biaya, manfaat, resiko dan wakt dikaitkan dengan tujuan bisnis.
  2. Top-down portfolio budgeting adalah untuk Meningkatkan keyakinan mengenai kemana dana yang paling baik diinvestasikan untuk mencapai tujuan perusahaan, Meningkatkan kemampuan bereaksi terhadap perubahan pasar dan Memperbaiki posisi dalam persaingan.
  3. Membantu manajemen dalam mengelola anggaran untuk Memudahkan perusahaan menyususn anggaran dan perubahannya khususnya perubahan skala prioritas investasi, “Nara sumber tunggal” untuk seluruh informasi tentang rencana investasi/proyek, ROI, benefit analisys, risiko sehingga Seluruh stake holders mendapatkan informasi yang sama.
  4. Mekanisme persetujuan investasi yang jelas dan transparan, Good Corporate Governancev Disiplin terhadap Standard Operating Procedure (SOP) serta Memperjelas kepemilikan setiap investasi.
  5. Kapasitas perencanaan adalah untuk pengalokasian sumber daya yang lebih efisien dan terencana dengan baik serta Meningkatkan “success rate” dan memastikan bahwa investasi sesuai dengan kemampuan perusahaan.
  6. Sentralisasi data seluruh proyek adalah untuk Meningkatkan pemahaman yang sama terhadap seluruh aspek proyek dan Proses pengambilan keputusan yang lebih baik dan cepat

TUGAS PMO

  1. Mengintegrasikan dan menyelaraskan semua proyek.
  2. Mengevaluasi dan menganalisis setiap proyek yang diusulkan benefit & cost analysis, tingkat resiko.
  3. Memberikan rekomendasi kepada manajemen (BoD) atas proyek-proyek yang diusulkan oleh unit bisnis/unit kerja.
  4. Menentukan skala prioritas terhadap proyek yang diusulkan (aspek startegis proyek).
  5. Secara berkala melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan proyek.
  6. Melaporkan hasil evaluasi kepada BoD dan BoC.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar