30 Juni 2019

Pentingnya Menciptakan Atmosfer Kebersamaan di Lingkungan Kerja


Perlunya menciptakan atmosfir kebersamaan dan semangat kekeluargaan di lingkungan kerja. Nah, berikut ini, ada beberapa alasan akan pentingnya menciptakaan suasana kebersamaan dan semangat kekeluargaan di lingkungan kerja.

1.     Meningkatkan Kepercayaan

Untuk membangun hubungan dan kerjasama yang baik, kepercayaan adalah salah satu modal utama yang wajib selalu dipegang. Dengan kepercayaan antara satu sama lain, masalah yang mungkin terjadipun bisa diminimalisir. Inilah peran penting menciptakan suasana kebersamaan dan kekeluargaan di lingkungan kerja.

Ketika kita sudah merasa bekerja layaknya dengan keluarga sendiri, tentu rasa percaya itu akan muncul dengan sendirinya. Dengan adanya kepercayaan tersebut, kita tidak akan merasa was-was menjalankan tanggung jawab yang dipercayaan pada kita, karena kita yakin rekan kerja akan selalu bekerja maksimal dan saling membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

2.     Menyuburkan Kreatifitas

Tujuan yang kedua adalah untuk memupuk rasa kreatifitas kita dalam bekerja dan berkarya. Seringkali dalam menjalankan aktifitas dan kegiatan kerja memerlukan kreatifitas yang terus terasah setiap harinya. Namun layaknya manusia biasa tentu wajar kadang merasa penat, dan akibatnya kreatifitas ikut tersendat.

Namun, jika rasa kekeluargaan sudah tertanam dalam lingkungan kerja, maka rekan, pimpinan ataupun partner tentu tidak akan membiarkan kita merasa sendiri. Entah dengan memberikan semangat atau bahkan hanya lewat senyum sederhana, tak jarang fikiran akan sedikit tenang dan kreatifitas pun akan muncul kembali.

3.       Menciptakan Suasana Santai

Saat bekerja, kadang ada saja satu atau dua orang yang mempunyai sifat humoris atau suka membuat hal konyol. Dan orang-orang semacam ini sangat diperlukan. Bisa dikatakan orang-orang semacam inilah yang menjadi "lem" perekat rasa kekeluargaan dalam lingkungan kerja.

Faktanya, pekerjaan yang kita hadapi setiap hari tentu tidak selamanya mudah, ada kalanya juga menjemukan hingga membuat kita stress. Dengan adanya kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang sudah kita bina sebelumnya, maka tidak ada alasan lagi untuk merasa jenuh. Setidaknya selama beberapa menit saja kita bisa mencari obat penghilang stress lewat candaan ringan atau chit chat lucu dengan rekan.

4.     Berpengaruh Pada Loyalitas dan Profesionalitas

Disadari atau tidak, untuk saya sendiri terkadang senang dengan sebuah lengkungan kerja, pimpinan dan pegawainya yang friendly dan bisa membaur. Hasilnya, saya sendiri lebih senang dan makin semangat bekerja di perusahaan tersebut.

Fakta inilah yang bisa saja terjadi pada perusahaan lain, adakalanya suasana kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang telah dipupuk antar karyawan akan bisa dirasakan juga oleh tim yang lain.
Namun yang perlu diperhatikan adalah kita harus mempunyai batasan yang jelas ketika bersikap. 

Jangan lantas terlalu sok akrab yang justru akan membuat suasana tidak nyaman. Karena memang ada juga orang yang tidak suka dengan kondisi seperti itu. Jadi kuncinya adalah menyesuaikan dengan profil dan keadaan setiap orang.

5.     Meringkankan Beban Kerja

Manfaat yang terakhir dari menciptakan suasana kebersamaan adalah memberi stimulus agar seluruh aktifitas, kegiatan ataupun pekerjaan terasa lebih mudah. Secara umum, ketika seseorang mempunyai jiwa individualisme yang tinggi, maka akan lebih memilih hanya fokus pada pekerjaan sendiri dan acuh pada kondisi rekan kerjanya.

Padahal tentu terkadang kita membutuhkan bantuan entah ringan atau berat dan berharap ada orang lain yang bisa membantu. Nah beda cerita jika rasa kekeluargaan sudah mengakar. Antar satu dengan yang lain akan lebih peduli ketika ada yang membutuhkan bantuan.
Sebagai penutup, lingkungan kerja layaknya berada dalam satu keluarga tentu akan sangat menyenangkan. Sudah saatnya kita untuk mulai membuka diri dan berusaha menciptakan lingkungan kampus yang ideal. Dan semua itu bisa kita mulai dari diri kita sendiri! Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar