Perlunya menciptakan atmosfir kebersamaan dan semangat
kekeluargaan di lingkungan kerja. Nah, berikut ini, ada beberapa alasan akan
pentingnya menciptakaan suasana kebersamaan dan semangat kekeluargaan di
lingkungan kerja.
1. Meningkatkan Kepercayaan
Untuk membangun hubungan dan kerjasama yang baik, kepercayaan adalah
salah satu modal utama yang wajib selalu dipegang. Dengan kepercayaan antara
satu sama lain, masalah yang mungkin terjadipun bisa diminimalisir. Inilah
peran penting menciptakan suasana kebersamaan dan kekeluargaan di lingkungan kerja.
Ketika kita sudah merasa bekerja
layaknya dengan keluarga sendiri, tentu rasa percaya itu akan muncul dengan
sendirinya. Dengan adanya kepercayaan tersebut, kita tidak akan merasa was-was
menjalankan tanggung jawab yang dipercayaan pada kita, karena kita yakin rekan
kerja akan selalu bekerja maksimal dan saling membantu dalam menyelesaikan
pekerjaan.
2. Menyuburkan Kreatifitas
Tujuan yang kedua adalah untuk
memupuk rasa kreatifitas kita dalam bekerja dan berkarya. Seringkali dalam
menjalankan aktifitas dan kegiatan kerja memerlukan kreatifitas yang terus
terasah setiap harinya. Namun layaknya manusia biasa tentu wajar kadang merasa penat,
dan akibatnya kreatifitas ikut tersendat.
Namun, jika rasa kekeluargaan
sudah tertanam dalam lingkungan kerja, maka rekan, pimpinan ataupun partner
tentu tidak akan membiarkan kita merasa sendiri. Entah dengan memberikan
semangat atau bahkan hanya lewat senyum sederhana, tak jarang fikiran akan
sedikit tenang dan kreatifitas pun akan muncul kembali.
3.
Menciptakan Suasana Santai
Saat bekerja, kadang ada saja satu
atau dua orang yang mempunyai sifat humoris atau suka membuat hal konyol. Dan
orang-orang semacam ini sangat diperlukan. Bisa dikatakan orang-orang semacam
inilah yang menjadi "lem" perekat rasa kekeluargaan dalam lingkungan
kerja.
Faktanya, pekerjaan yang kita
hadapi setiap hari tentu tidak selamanya mudah, ada kalanya juga menjemukan hingga
membuat kita stress. Dengan adanya kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang sudah
kita bina sebelumnya, maka tidak ada alasan lagi untuk merasa jenuh. Setidaknya
selama beberapa menit saja kita bisa mencari obat penghilang stress lewat
candaan ringan atau chit chat lucu dengan rekan.
4. Berpengaruh Pada Loyalitas dan Profesionalitas
Disadari atau tidak, untuk saya
sendiri terkadang senang dengan sebuah lengkungan kerja, pimpinan dan
pegawainya yang friendly dan bisa membaur. Hasilnya, saya sendiri lebih senang
dan makin semangat bekerja di perusahaan tersebut.
Fakta inilah yang bisa saja
terjadi pada perusahaan lain, adakalanya suasana kebersamaan dan rasa
kekeluargaan yang telah dipupuk antar karyawan akan bisa dirasakan juga oleh tim
yang lain.
Namun yang perlu diperhatikan
adalah kita harus mempunyai batasan yang jelas ketika bersikap.
Jangan lantas
terlalu sok akrab yang justru akan membuat suasana tidak nyaman. Karena memang
ada juga orang yang tidak suka dengan kondisi seperti itu. Jadi kuncinya adalah
menyesuaikan dengan profil dan keadaan setiap orang.
5. Meringkankan Beban Kerja
Manfaat yang terakhir dari
menciptakan suasana kebersamaan adalah memberi stimulus agar seluruh aktifitas,
kegiatan ataupun pekerjaan terasa lebih mudah. Secara umum, ketika seseorang
mempunyai jiwa individualisme yang tinggi, maka akan lebih memilih hanya fokus
pada pekerjaan sendiri dan acuh pada kondisi rekan kerjanya.
Padahal tentu terkadang kita
membutuhkan bantuan entah ringan atau berat dan berharap ada orang lain yang
bisa membantu. Nah beda cerita jika rasa kekeluargaan sudah mengakar. Antar
satu dengan yang lain akan lebih peduli ketika ada yang membutuhkan bantuan.
Sebagai penutup, lingkungan kerja layaknya
berada dalam satu keluarga tentu akan sangat menyenangkan. Sudah saatnya kita
untuk mulai membuka diri dan berusaha menciptakan lingkungan kampus yang ideal.
Dan semua itu bisa kita mulai dari diri kita sendiri! Semoga Bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar